2 Cara Hemat energi listrik yang Dapat Anda Lakukan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak dipungkiri jika sekarang ini manusia lebih cenderung terhadap energi listrik yang merupakan hasil cipta manusia yang canggih. Dengan adanya energi listrik ini, maka segala aktivitas dapat berjalan secara lancar. Apalagi sekarang ini semuanya hampir serba mesin, dan untuk menyalakannya membutuhkan listrik sebagai sumber tenaganya. Listrik merupakan sebuah sumber daya yang menjadi pilihan yang paling ekonomis dan juga ramah lingkungan. Tidak ada polusi yang disebabkan oleh listrik. Bahkan listrik merupakan sebuah sumber daya yang dapat diperbarui yang tentunya memanfaatkan alam sebagai sumber utamanya seperti tekanan air, gas, ataupun udara. Namun walaupun demikian, kita tetap harus hemat energi listrik, karena apa yang kita pakai tidaklah gratis.

Sebagai manusia yang memiliki banyak kebutuhan, sudah sepantasnya kita berhemat. Demikian juga dengan listrik, walaupun tidak akan ada habisnya tapi listrik yang kita gunakan sehari-hari haruslah tetap dibayar. Berikut ada beberapa cara untuk menghemat energi listrik di rumah yang dapat anda lakukan diantaranya yaitu :

  1. Mengurangi penggunaan pada waktu tertentu

Perusahaan listrik Negara atau disingkat PLN telah menetapkan beberapa tarif listrik bagi para penggunanya, didasarkan pada beban daya yang dipakai juga waktu. Untuk anda yang memiliki industry di rumah, tentunya akan menggunakan daya listrik yang lebih besar. Namun untuk dapat menghemat dalam pembayaran listrik, baik itu untuk industry atau pun rumahan biasa, sebaiknya mengurangi penggunaan waktu dari pukul 5 sore sampai dengan pukul 10 malam. Hal tersebut dikarenakan pada waktu tersebut, banyak orang yang menggunakan listrik untuk keperluan penerangan.

  1. Mengurangi pemakaian yang tidak terlalu penting

Ada kalanya ketika listrik ini melimpah, anda menggunakan segala hal dengan listrik tanpa memperhitungkan beban yang digunakan seperti menggunakan alat elektronik yang terlalu berlebihan dan akhirnya anda kewalahan saat ada tagihan listrik yang membangkak. Solusi untuk tidak mengalami hal demikian adalah dengan mengurangi penggunaan mesin yang memiliki daya yang besar seperti mesin cuci, setrika, televisi, AC, dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan alat elektronik hemat energi listrik ataupun jika dapat dilakukan secara manual, lebih baik sering menggunakan cara manual seperti mencuci. Apalagi sekarang ini mencuci dapat lebih mudah dengan menggunakan deterjen terbaik seperti Rinso.

Itulah sedikit cara menghemat listrik yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *