Serangkaian Tahapan Perkembangan Bayi Sebelum Bisa Berjaan

Perkembangan bayi bisa terlihat di antara usianya yang ke 1 – 2 tahun. Seiring berjalannya waktu, akan tiba waktunya bayi bisa berjalan sendiri. Namun ada serangkaian tahap yang harus dilewati yang membutuhkan perhatian dan dukungan anda sebelum masa itu tiba.

Untuk memantau perkembangan bayi bisa berjalan, sebenarnya ada patokan dasar yang bisa dijadikan acuan para orang tua. Meski pada dasarnya proses anak bisa berjalan di 2 tahun pertamanya memang berbeda-beda.

Duduk, kemampuan yang ditunjukan si bayi pada posisi duduk ini bermanfaat untuk memperkuat otot-ototnya yang bisa mendukung ketika belajar berjalan. Biasanya kemampuan seperti ini ditunjukan pada usia 4 – 7 bulan. Stimulasi yang bisa diberikan ibu adalah mengajaknya bermain seperti permainan melempar bola, susun-menyusun dan lain sebagainya.

Merangkak, tahap ini berguna untuk melatih menggerakan tangan dan kakinya pada saat bersamaan. Biasanya tahap ini ditunjukan di rentan usia 7 – 10 bulan. stimulasi yang bisa anda berikan adalah membiarkannya merangkak dari satu posisi ke posisi lainnya. Atau anda juga bisa membantunya dengan menaruh mainan yang dia suka di satu tempat yang agak jauh dan biarkan dia merangkak untuk mengambilnya.

Mengangkat dirinya untuk berdiri, di usianya yang ke 8 – 9 bulan, bayi sudah mulai mencoba untuk berdiri karena tubuhnya sudah lebih kuat. Biasanya bayi akan berusaha berdiri dengan bantuan benda atau anda bisa juga membantunya untuk berdiri. Ketika dalam posisi berdiri, biasanya bayi akan susah kembali ke posisi duduk. Jadi anda harus mengajarinya duduk dengan perlahan.

Berjalan dengan bantuan, selain mengangkat dirinya dengan bantuan, di usia 8 – 9 bulan ini bayi juga akan mulai belajar berjalan, tentunya harus dengan bantuan. Melakukan kegiatan ini akan membuat tingkat kepercayaan si kecil menjadi lebih bertambah. Selain itu bayi juga bisa merambat dengan sendirinya di tembok atau perabotan yang lain tanpa bantuan.

Berdiri tanpa bantuan, seiring berjalannya waktu dan karena terbiasa, si kecil mulai belajar berdiri sendiri tanpa bantuan. Dan setelah di bisa melakukannya, inilah tahapan terpenting dari berjalan. Tahap ini terjadi biasanya di usia 9 – 10 bulan.

Tahap yang terakhir adalah dimana dia akan mulai melakukan langkah pertamanya. Langkah pertama ini membutuhkan keberanian yang besar bagi si kecil. Tapi langkah pertama inilah yang akan menuntaskan serangkaian tahapan ketika bayi mulai berjalan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *