Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Luka Bakar

Luka bakarmu perih dan berair? Pasti kamu kurang memperhatikan cara penanganannya ketia pertama kali luka bakar itu tampil di kulitmu. Memang sangat sakit rasanya, dan kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja ketika luka itu terjadi padamu. Luka bakar biasanya terjadi karena terkena api, tersiram air panas, terkena knalpot motor, dan masih banyak yang lainnya. Kecelakaan luka bakar akan membuat luka pada kulitmu dan akan meninggalkan bekas yang cukup lama. Jika pertolongan pertama yang dilakukan salah, bisa-bisa bekas yang timbul pada kulitmu susah untuk dihilangkan. Nah, pad artikel ini akan dijelaskan tentang pertolongan pertama luka bakar.

Ketika luka bakar terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera menutupnya dengan kasa atau juga kamu bisa menggunakan kain yang bersih. Kenapa harus segera menutupnya? Hal ini dilakukan untuk mencegah kontaminasi yang lebih parah dan lebih banyak pada luka. Selain itu, rasa nyeri juga akan sedikit dihindari yang timbul dari beberapa permukaan luka bakar. Jika luka bakar yang terjadi cukup besar dan menimbulkan perdarahan, maka larutan garam fisiologis bisa diberikan. Namun jika terjadi yang sedemikian itu, hal yang harus dilakukan adalah dengan membawanya ke rumah sakit atau dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut yang intensif. Luka bakar yang serius membutuhkan biaya yang mahal, maka untuk mencegah ketiadaan dana pada saat saat yang tidak terduga, asuransi futuready atau asuransi jiwa adalah pilihan yang tepat.

Untuk luka bakar yang ringan, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara mendinginkan luka bakar. Nah, kamu juka bisa mengoleskan pelembab pada luka bakar dan bisa menggunakan gel dari tanaman lidah buaya. Setelah itu, luka bakar ditutup dengan kain bersih atau kasa pembalut. Sebaiknya, kamu tidak boleh merusak luka lepuhan dari luka bakar tersebut. Tunggulah sampai pecah sendiri karena jika luka lepuha dipecah akan membuat infeksi yang lebih besar. Jika rasa nyeri timbul, belilah obat anti nyeri yang banyak dijual di apotik seperti ibuprofen dan juga aspirin. Nah yang terakhir adalah dengan mengoleskan salep antibiotic untuk membuat luka menjadi tidak semakin besar dan parah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *