Cara Mengatur Keuangan Bagi Pekerja Fresh Graduate

Jika anda telah lulus kuliah, seharusnya anda sadar bahwa kebahagiaan saat masih di perguruan tinggi itu hanya ada dua : saat diterima dan saat lulus. Nah, jika anda telah lulus maka ada tantangan berat yang harus anda hadapi yaitu bekerja. Oleh sebab itu, anda harus tahu cara mengatur keuangan jika anda telah bekerja di suatu perusahaan atau membuka usaha sendiri. Informasi ini sangat penting apalagi jika anda bekerja dengan status magang dimana gaji yang diterima tentu saja pas-pasan dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Tetapi tak masalah, ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mencukupi kebutuhan anda jika anda berniat melakukannya.

Uang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang. Kalimat tidak salah karena kebutuhan pokok kita harus dipenuhi dengan uang. Oleh karena itu, anda harus tahu cara mengatur keuangan terutama bagi anda fresh graduate yang tentunya memiliki gaji yang cenderung minim :

  • Menabunglah 10-15% dari pendapatan anda setiap bulan, memang sulit pada awalnya tetapi anda harus memaksakan diri anda. Karena dana tabungan sangat penting di kemudian harinya jika ada keperluan mendadak yang mengharuskan anda merogoh kocek.
  • Buatlah anggaran bulanan karena anggaran tersebut dapat membantu anda untuk lebih menghargai uang dan tidak boros. Anggaran juga bisa menjadi desakan bagi anda untuk tidak sering membeli barang yang tak diperlukan.
  • Catat pengeluaran setiap harinya dan buatlah sebuah batas tersendiri, contoh : “Hari ini aku tidak boleh mengeluarkan uang lebih dari 50.000”. Maka anda akan lebih hemat dalam membeli makanan, minuman, rokok, bensin dan kebutuhan pokok lainnya.
  • Buatlah target di masa yang akan datang sehingga anda akan terpacu untuk bekerja lebih keras dan otomatis menabung lebih banyak. Contoh :” Tahun depan aku harus punya motor, oleh karena itu aku harus menabung sebanyak 4 juta lagi”.

Cara mengatur keuangan tidaklah sulit jika anda sering membaca referensi, seperti Futuready yang banyak memberikan artikel tentang persiapan untuk masa depan. Dan bergayalah sesuai isi dompetmu, sesuai dengan ajaran Bob Sadino.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *