Proses pengajuan KPR di BTN

Bunga KPR terendah – KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah merupakan suatu fasilitas angsuran yang di berikan oleh suatu lembaga keuangan (kreditur) yaitu bank untuk perorangan atau badan hukum (debitur) untuk membeli objek KPR. Nantinya angsuran tersebut akan dibayar oleh debitur kepada kreditur sesuai jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak sebelumnya. KPR sendiri terdiri dari dua jenis, yakni KPR subsidi yang dibuat oleh pemerintah untuk ditujukan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. Yang kedua KPR non subsidi yang ditujukan untuk semua kalangan masyarakat dan dengan ketentuan suku bunga yang ditetapkan oleh bank yang mengacu pada Suku Bunga Dasar Kredit atau SBDK ditambah dengan premi risiko.

Berdasarkn dari dokumen transparansi dari SBDK Bank kovensional umum di Indonesia yang di terbitkan oleh Bank Indonesia, premi risiko mempresentasikan penilaian suatu bank terhadap prospek pelunasan kredit oleh calon debitur diantaranya seperti mempertimbangkan kondisi keuangan debitur, jangka waktu kredit dan prospek dari usaha yang di biayai. Oleh karena itu setiap bank kemudia mempunya besar suku bunga KPR yang di bebankan kepada debitur dengan besar yang berbeda – beda.

Perhitungan dari kredit bunga di bagi dalam 3 macam perhitungan KPR antara lain bunga KPR Flat, Efektif dan Anuitas. Bunga Anuitas adalag jenis bunga yang paling sering dipakai oleh bank – bank penyalur KPR. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman sekarang telah banyak situs yang menyediakan kalkulator KPR online beserta dengan simulasinya untuk para pemburu rumah atau hunian. Dengan menggunakan kalkulator online. Tentu saja anda dapat menghitung lebih cepat. Caranya yaitu anda tinggal memasukkan data harga objek KPR dan jangka waktu angsuran , besar angsuran yang harus dibayarkan pada seetiap bulannya dapat anda lihat dalam hitungan detik. Hal tersebut membuat anda dapat memilih membeli rumah yang sesuai dengan budet yang dimiliki. Karena pembelian rumah atau hunian merupakan suatu keputusan yang besar maka diperlukannya pertimbangan secara matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *