Mengapa sih Mesti Belajar SBMPTN Dari Saat ini?

Apasih SBMPTN? SBMPTN itu Seleksi Berbarengan Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ya seleksi ini diikuti oleh semua perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dahulu lolos ngga Mas? Ya, saya tak lolos. Namun saya ingin sharing sedikit mengenai persiapan saya dahulu hadapi SBMPTN.

Jadi, mengapa sih mesti belajar SBMPTN dari saat ini? Masalah SBMPTN tidak sama dengan Ujian Nasional Guys. Apanya yang tidak sama?

1. Tingkat kesusahan masalah SBMPTN lebih di atas UN
Masalah SBMPTN ada yang pernah katakan kalau masalah SBMPTN 3 kali lipat lebih susah dibanding dengan UN. Apa benar? Ya memanglah benar. Pikirkan saja, bila satu masalah UN dapat ditangani cuma dengan 1 rencana. Paling banyak ya 2 rencana. Namun SBMPTN? Banyak rencana. Rekan-rekan semuanya mesti dapat mengkaji masalah, serta mesti memastikan masalah itu mesti ditangani memakai rencana yang mana. Namun kadang-kadang, ada pula yang cuma memakai 1 rencana. Jangan pernah terjerat dengan masalah gampang di SBMPTN.

2. Tidak ada Kisi-Kisi
Iya, SBMPTN tak ada kisi-kisinya. Tidak sama dengan Ujian Nasional yang notabene telah ditetapkan materinya ini, masalah yang bakal keluar memakai rencana ini. SBMPTN? Tak ada yang tahu masalah yang ingin keluar apa terkecuali yang buat. Haha

3. Waktu
Saat pelaksanaan ujian SBMPTN cuma 105 Menit. 1 jam 45 menit untuk TPA yang jumlah soalnya 90 masalah, 105 menit juga untuk Saintek yang jumlah soalnya 60 butir, serta 75 menit untuk Soshum yang jumlahnya 60 butir juga. Sedang UN? Ya, 120 menit kan? Jumlahnya? 40/50 kan. Begitu jauh tidak sama.

4. Penilaian
Penilaian di SBMPTN tidak sama dengan Ujian Nasional. Bila SBMPTN benar dikalikan 4 serta salah dikalikan -1. Untuk UN sendiri? Ya bila salah memanglah tak di beri nilai minus. Namun FYI saja untuk UN th. tempo hari untuk yang Paper Based Test kayanya sih penilaiannya tidak sama dengan th. terlebih dulu, jadi tiap-tiap masalah mempunyai bobot tidak sama. Jadi bila dapat kerjakan masalah yang susah nilainya mungkin saja besar. Namun ini cuma perkiraan saya serta rekan-rekan saya waktu lihat nilai UN kami yang desimalnya tidak sama dengan nilai UN th. terlebih dulu. Namun untuk Computer Based Test penilaiannya masihlah seperti th. terlebih dulu.
“Ah, lebay banget. SBMPTN kan masihlah lama Mas, bln. Juni th. depan”.

Pernyataan jenis apa lagi ini.

Ya bila disebut lebay bergantung kawan-kawan semuanya sih. Banyak kawan-kawan tentu menginginkan yang namanya SNMPTN. Namun bila saya serta kawan-kawan kelas dahulu, pernah pada katakan gini “SNMPTN kita anggap BONUS saja, bila lolos ya Alhamdulillah bila tak ya memanglah belum rezeki” Namun, walau bagaimanapun kita mesti tetaplah menyiapkan diri untuk SNMPTN. Kita harus juga tetaplah tuh yang namanya berdoa agar di terima SNMPTN. Dasarnya kita miliki peluang buat memaakai nilai rapor kita untuk SNMPTN, jadi manfaatkanlah peluang itu baik-baik. Masihlah ada peluang juga buat melakukan perbaikan rapor semester 5.

Oleh karena itu, manfaatkanlah peluang itu baik-baik.

Meskipun Bonus, namun mesti tetaplah diupayakan kita memperoleh bonus itu, Okeh?

“Jadi bagaimana Mas bila mulai belajar SBMPTN dari saat ini? ”

Bila dahulu saya masuk kelas XII saya telah miliki tuh bebrapa masalah Tes Potensi Akademik yang saya download dari internet. Sangat banyak bebrapa masalah gratis di Internet. Diluar itu, saya juga pinjam sana-sini buku untuk SBMPTN ke kakak kelas. Saya beli buku baru juga saat itu. Saya print tuh masalah serta saya lakukan semampuku. Saya kerjain TPA nya dahulu, saya mantepin TPA. Lantaran TPA itu adalah satu diantara kesempatan besar kita untuk dapat lolos SBMPTN. Bila dapat tuh semuanya masalah TPA cobalah dikerjain, bila kita telah umum ngerjain masalah TPA, tentu kita bila saksikan type masalah TPA kita bakalan dapat ngerjain. Yakinlah, saya telah membuktikannya. Saat ujian juga bila dapat dikerjain semuanya masalah TPA nya. Namun yang meyakini mesti banyak, janganlah ngasal semuanya.

Saya juga kepo-kepo dengan kakak kelas bagaiamana sih dapat kuasai masalah Saintek (lantaran saya anak IPA)?
Jadi gini, janganlah segera kerjakan masalah SBMPTN. Mulai dengan kuasai rencana tiap-tiap materi dari kelas X. Rencananya loh yah janganlah lupa. Bila kawan-kawan dapat nguasain rencananya, bila saksikan masalah bagaimanapun jenisnya tentu dapat ngerjain. Bila telah nguasain rencana, baru ngerjain masalah. Soalnya juga yang gampang mudah saja dahulu. Bila telah dapat masalah gampang, tingkatkan dengan coba masalah yang susah. Serta janganlah lupa untuk bebrapa kerap latihan masalah.

Saksikan juga bebrapa masalah th. sebelum-sebelumnya. Materinya apa itu. Materinya loh ya, bukanlah soalnya. Serta analisa yang keluar itu materi tentang apa. Umumnya terdapat banyak situs (blog) yang menganalis materi yang keluar tiap-tiap th. apa itu.

Bila ingin belajarnya terstruktur, ada sih sebagian situs (blog) yang tawarkan video tutorial untuk belajar untuk SBMPTN. Memanglah sih sedikit mahal, namun Insha Allah begitu berguna. Tuntunan belajar dapat juga dicoba. Atau dapat pula belajar grup. Dahulu saya saat ingin UN belajar grup 7 orang cowok semuanya. Dari situ bener-bener kita belajar bareng-bareng.

Bila saya sih dahulu ngga bimbel, ngga beli video juga Hanya belajar otodidak saja buat SBMPTN. Terkadang beberapa bertanya sama teman sekelas yang jago pelajarannya. Namun dahulu saya Alhamdulillah di beri peluang buat turut Learning Camp ya sejenis bimbel gitu yang ngadain dari GAMAS ITB waktunya 2 minggu sebelumnya SBMPTN yang telah pernah saya katakan di post terlebih dulu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *