Tata Cara Pendaftaran SBMPTN

Berniat mengikuti tes seleksi SBMPTN 2016 tidaklah menjadi masalah, ini menjadi hak setiap orang yang ingin melanjutkan ke perguruan yang lebih tinggi tepatnya di negeri. Adanya niat untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri), tentu haruslah mengikuti tahap demi tahap dan pastinya tidaklah mudah. Salah satunya tes yang ditempuh adalah SBMPTN. Apa saja untuk mencapai ke seleksi SBMPTN? Nah, jikalau hal ini yang pertanyakan inilah tata cara pendaftaran SBMPTN 2016.

Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN merupakan tes masuk perguruan tinggi negeri yang di laksanakan oleh PTN serentak di Indonesia. Masuk di universitas negeri merupakan sebuah prestige tersendiri. Jadi, tes ini akan menjadi ajang bersaing untuk bisa duduk di universitas negeri yang di impikan.

Apa saja tata cara pendaftaran SBMPTN?

Langkah pertama untuk bisa mengikuti tes SBMPTN, anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Bagi anda yang masih bingung bagaimana caranya mendaftar SBMPTN, berikut akan kami bagikan info mengenai tata cara mendaftar SBMPTN :

1. Buka web resmi SBMPTN

Jikalau tidak mengetahui website resminya, maka teman-teman mengetikkan di hasil pencarian yang populer seperti google dengan kata kunci SBMPTN. Jikalah sudah mengetahuinya, maka ketikan web resmi SBMPTN, buka dan baca instruksi selanjutnya. Website resmi SMPTN >> https://sbmptn.ac.id/

Nah, sama halnya. Jika pengumuman SBMPTN maka teman-teman juga bisa membuka diwebsite tersebut.

2. Catat segala info terbaru

Untuk membuat anda selalu mengingat tanggal – tanggal penting seperti kapan tanggal pendaftaran dibuka dan kapan kapan tanggal seleksi SBMPTN akan di laksanakan.

3. Isi formulir pendaftaran online

Pendaftaran SBMPTN di lakukan secara online yaitu dengan memasukkan data diri anda serta lengkap dengan berkas – berkas yang di butuhkan seperti berkas nilai terakhir yang harus di unggah. Setelah melakukan pendaftaran online, anda akan memperoleh nomer atau pinyang nantinya akan digunakan untuk pembayaran pendaftaran.

4. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran di bayarkan melalui bank yang telah bekerjasama dengan pihak penyelenggara SBMPTN. Jadi pastikan anda mengetahui bank mana saja yang telah di tunjuk untuk melayani pembayaran pendaftaran SBMPTN. Setelah itu anda masih harus melakukan verifikasi bahwa anda telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran untuk memperoleh nomor peserta. Setelah itu anda akan harus memilih panlok atau lokasi untuk tes SBMPTN.

5. Tes SBMPTN

Ketika hari tes SBMPTN tiba, anda harus membawa perlengkapan seperti pensil 2 B, alas dan penghapus. Pastikan semua perlengkapan anda asli agar bisa terdeteksi.

Jeda antara masa pembayaran dengan hari ujian atau tes SBMPTN biasanya cukup lama. Nah anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk mempelajari materi – materi yang akan di ujikan. Akan lebih baik lagi jika anda telah mempersiapkan materi yang di ujikan dari jauh – jauh hari. Kerjakan semua soal dengan maksimal dan jangan lupa berdo’a .

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *