Gejala Awal Jika Seseorang Terkena Penyakit Jantung

Sakit jantung bisa menjadi penyebab seseorang terkena serangan jantung, jika terjadi serangan maka hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh, karena bisa berakibat pada kematian. Untuk itu kamu harus mengetahui gejala-gejalanya terlebih dahulu supaya bisa segera ditangani. Untuk itu berikut gejala awal jika seseorang terkena penyakit jantung.

Nyeri pada dada
Gejala awal orang yang terkena penyakit jantung adalah nyeri pada dada, namun nyeri pada dada bukan berarti orang tersebut terkena penyakit jantung, karena bisa saja karena penyakit lainnya. Untuk memastikannya, segeralah periksa nyeri pada dada kamu ke dokter ahlinya. Pada umumnya, nyeri dada yang dialami oleh orang terkena penyakit jantung, disebabkan karena adanya penyumbatan arteri sehingga membuat darah tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh.

Sakit kepala
Salah satu gejala jantung seseorang bermasalah adalah terasa sakit pada kepala saat terkena sinar matahari. Hal tersebut bisa membuat denyut jantung menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Bahkan terdapat penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology mengatakan bahwa, sakit kepala yang diderita oleh orang yang terkena penyakit jantung bisa diakibatkan karena adanya penyimpanan sirkulasi darah.

Sakit pada bagian tubuh
Sakit pada bagian tubuh tertentu ini disebabkan oleh arteri yang tersumbat. Biasanya jika terjadi pada wanita, akan merasakan sakit pada tangan kanan atau kirinya. Sedangkan jika terjadi pada laki-laki, maka rasa sakit tersebut biasanya terjadi pada bagian tangan kirinya. Tidak hanya pada bagian tangan, rasa sakit juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya, seperti bahu, punggung, dan juga leher.

Sesak napas
Sesak napas juga bisa menjadi salah satu gejala orang terkena penyakit jantung, karena aliran darah ke seluruh tubuh terhambat oleh pembuluh darah dan menyebabkan denyut jantung tidak beraturan, sehingga bisa mengakibatkan sesak napas.

Pembengkakan
Gejala lain orang yang terkena penyakit jantung adalah, terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, yang disebabkan oleh cairan yang menumpuk dalam tubuh. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi di bagian pergelangan kaki atau juga di perut.

Bagi yang belum maupun sudah terkena penyakit jantung dan serangan jantung, lebih baik menjaga pola makannya, jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung kalori. Karena jika berlebihan maka bisa menyumbat otot-otot jantung. Untuk itu gunakan gula yang rendah kalori. Karena gula ini rendah kalori dan aman juga buat penderita jantung dan diabetes.
Itulah informasi tentang gejala awal jika seseorang terkena penyakit jantung, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

You may also like...