Fakta Unik Tentang Komodo yang Hidup di Pulau Komodo di Indonesia

Komodo atau yang disebut sebagai Ora dalam bahasa Manggarai adalah hewan endemic yang hanya hidup di Indonesia tepatnya di Taman Nasional Komodo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Hewan yang dikenal secara luas mulai tahun 1912 ini hidup di Pulau Komodo di Indonesia, Pulau Rinca, Gili Morang serta Nusa Kode. Di tahun 2015, tercatat jika binatang predator ini sebanyak 5.971 ekor.

Namun, selain komodo yang dikenal sebagai predator yang mematikan terutama di bagian air liurnya yang terdapat 60 jenis bakteri mematikan yang dapat melumpuhkan mangsanya, terdapat beberapa fakta unik dan menarik mengenai kadal raksasa tersebut. Pertama adalah komodo diyakini sebagai salah satu hewan purbakala yang sudah ada di jaman Dinosaurus. Karena hal tersebut, tidak sedikit para peneliti yang datang ke pulau Komodo yang ada di Indonesia untuk meneliti hewan tersebut.

Kedua adalah komodo mempunyai 3 mata dan tidak dapat mendengar. Walaupun komodo memiliki lubang telinga akan tetapi pendengarannya tidak dapat berfungsi dengan baik sedangkan 1 mata tambahan yang dimiliki komodo tersebut berada di dahinya dan tidak selalu tampak. Mata tersebut berfungsi sebagai sensor cahaya sehingga komodo dapat mengetahui kapan siang dan malam walaupun tanpa harus membuka matanya.

Ketiga adalah komodo adalah hewan kanibal. Tidak hanya sebagai karnivora dan predator, komodo yang memiliki habitat di Pulau Komodo Indonesia, Rinca, Nusa Kode dan Gili Morang tersebut ternyata memangsa komodo lainnya yang lebih kecil ataupun komodo yang sudah mati untuk menjaga agar populasinya tetap stabil. Dari 35 telur yang berasal dari 1 betina, maka hanya 1/10 atau 10% yang dapat hidup karena induk komodo akan memakan anak dan telurnya. Komodo muda terutama yang baru keluar dari sarang akan langsung naik ke pohon hingga 3 tahun lamanya untuk menghindari dimangsa oleh komodo yang lebih besar.

Fakta unik lainnya dari komodo yaitu:

  • Komodo jantan lebih banyak daripada komodo betina dan mempunyai 2 alat kelamin, yang panjang untuk berproduksi sedangkan yang kecil untuk kamuflase.
  • Untuk mengecoh predator lainnya, induk komodo akan membuat sarang palsu.
  • Makanan favorit dari komodo adalah Rusa.
  • Komodo hanya dapat berlari lurus.
  • Kecepatan komodo sekitar 18-20 km/jam namun dapat berenang hingga kedalaman 4.5 m.
  • Komodo dapat mencium keberadaan daging atau bangkai dalam radius 4-9.5 km.

Agar Anda dapat melihat dan meneliti komodo di Pulau Komodo, Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku terutama yang diarahkan oleh pawang atau Jagawana. Anda wajib memberitahukan jika Anda sedang mengalami menstruasi karena penciuman Komodo yang tajam. Anda dapat mencari informasi seputar pulau Komodo di Indonesia.travel misalnya bagaimana cara kesana. Jadi, kunjungi Indonesia.travel untuk informasi seputar pariwisata di Indonesia!

You may also like...