Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa

Beberapa hal yang membatalkan puasa. Tentu bila kita berpuasa bagi kepercayaan islam pada saat bulan ramadan, dimana bulan berkat, hikmat dan suci akan mendapat pahala. Jika untuk kesehatan pun baik juga dilakukan. Berdasarkan dari berbagai sumber terpercaya puasa menjaga mengkonsumsi makanan dan memberhentikan sejenak usus untuk tidak bekerja.

Berpuasan itu sehat

Nah, di salah satu rukun islam yang harus kita jalani dan menjadi penting / utama adalah dengan menjalani ibadah puasa. Karena yang namanya menjalani ibadah puasa dibulan suci ramadhan ini pun memang menjadi salah satu ibadah yang wajib untuk dijalani oleh umat muslim yang sudah baligh. Namun banyak juga anak kecil yang sudah mulai belajar berpuasa saat dini. Tentu saja anda pun jangan lupa untuk menjalani ibadah puasa dibulan suci ramadhan ini, yang merupakan bulan penuh ampunan dan juga memiliki banyak sekali keberkahan yang sangat luar biasa sekali. Sehingga bagi orang yang beriman tentu saja yang namanya menjalani ibadah puasa dibulan suci Ramadhan ini pun sangat dinantikan dan juga dirindukan sekali oleh mereka.

Namun apasajakah yang bisa membantalkan puasa?

Yah tentu ada beberapa dan pastinya berbagai macam.

Beberapa hal yang membatalkan puasa, yang tentu saja harus anda ketahui adalah dibawah ini jawabannya.

Agar puasa yang anda jalani pun berkah dan diterima pahalanya oleh Allah.swt. Berikut ini adalah beberapa hal yang membatalkan puasa, diantaranya yaitu :

Hal yang membatalkan puasa:

Tentu bisa ada hal lainnya dan yang pastinya biasanya hal tidak sengaja. Ini beberapa hal yang terjadi pada diri seseorang saat sedang di bulan Ramadan tiba batal puasa.

Makan dan minum dengan sengaja

Saat berpuasa tentu saja kita harus menahan lapar dan juga minum hingga waktunya berbuka puasa. Sehingga saat berpuasa tentu saja kita tidak boleh makan dan minum dengan sengaja, yang bisa membatalkan ibadah puasa anda.

Datang bulan

Untuk wanita yang sedang menjalani ibadah puasa, namun sebelum berbuka ternyata mereka haid atau datang bulan, maka hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang membuat puasa anda pun menjadi batal. Sehingga anda pun harus segera berbuka puasa, an nantinya mengganti dibulan luar ramadhan.

Keluar mani

Hal yang membatalkan puasa lainnya adalah keluar mani dengan sengaja. Seperti berhubungan badan, berciuman, berpelukan dan berbagai macam hal yang bisa membuat mani keluar. Karena yang namanya menjalani ibadah puasa tersebut tak hanya harus menahan lapar dan juga haus, namun kita juga harus bisa menahan yang namanya hawa nafsu. Sebab jika anda sendiri tak bisa menahan hawa nafsu, sehingga membuat mani keluar, maka puasa yang sedang dijalani pun menjadi batal.

Muntah

Jika anda muntah hingga mengeluarkan isi makanan yang ada di dalam perut pun membuat puasa anda menjadi batal. Namun kalau anda muntah tapi tidak sampai mengeluarkan makanan atau minuman didalamnya, hal tersebut tidak membuat puasa anda menjadi batal.

Pingsan

Beberapa hal yang membatalkan puasa berikutnya adalah pingsan. Jika anda pingsan, maka puasa yang anda jalani pun batal, dan anda pun harus segera berbuka agar nantinya kondisi kesehatan pun tidak terganggu karena anda sedang lemah dan pingsan tersebut.

Itulah hal yang sering kami ketahui bagi saudara kita pada saat bulan puasa mereka tidak sengaja membuka puasa terlebih dahulu dan bahkan tidak berpuasa.

Semoga informasi mengenai beberapa hal yang membatalkan puasa ini bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan anda mengenai puasa dibulan suci ramadhan. Selamat lebaran Idul Fitri terutama bagi Anda yang membaca tulisan ini dan juga lainnya. Tetap jaga keharmonisan antar umat beragama. Selamat menjalankan hari yang penuh berkah dan indah ini.

You may also like...